PEBRIYANTI, Inggiat (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA LOTRE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD SE-DESA TAMBAKSERANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER_INGGIT PEBRIYANTI_40220049_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_INGGIT PEBRIYANTI_40220049_SKRIPSI_2024.docx - Published Version Download (16kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I_INGGIT PEBRIYANTI_40220049_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (617kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II_INGGIT PEBRIYANTI_40220049_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (748kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III_INGGIT PEBRIYANTI_40220049_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (802kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV_INGGIT PEBRIYANTI_40220049_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (526kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V_INGGIT PEBRIYANTI_40220049_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (420kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_INGGIT PEBRIYANTI_40220049_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (0B) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_INGGIT PEBRIYANTI_40220049_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL_INGGIT PEBRIYANTI_40220049_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (771kB) |
Abstract
Penggunaan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan kurangnya pemanfaatan media dalam proses pembelajaran Matematika turut menjadi penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbatuan media Lotre terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penlitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dengan desain Non Equivalent Posttest Only Group Desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri se-Desa Tambakserang dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tambakserang 02 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri Tambakserang 04 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakaan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunkan uji prasyarat, uji t indipendent, uji ketuntasan individu, dan uji klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari hasil t independent menunjukan nilai thitung sebesar 4,464 dan ttabel sebesar 2,051. Sehingga thitung > ttabel (4,464 > 2,051).
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Model Pembelajaran, PjBL, Media Lotre, Berpikir Kritis | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2025 04:21 | ||||||
Last Modified: | 27 Apr 2025 04:29 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1751 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |