Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA GAME BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KELAS V SD ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU

JUREMI, Nabila Sukma (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA GAME BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KELAS V SD ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-NABILAH SUKMA JUREMI-40220073-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-NABILAH SUKMA JUREMI-40220073-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-NABILAH SUKMA JUREMI-40220073-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-NABILAH SUKMA JUREMI-40220073-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-NABILAH SUKMA JUREMI-40220073-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-NABILAH SUKMA JUREMI-40220073-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-NABILAH SUKMA JUREMI-40220073-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-NABILAH SUKMA JUREMI-40220073-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-NABILAH SUKMA JUREMI-40220073-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-NABILAH SUKMA JUREMI-40220073-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran matematika, masih jarangnya penggunaan media ajar dalam proses pembelajaran matematika, dan motivasi belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media game Baamboozle efektif untuk meningkatkan motivasi belajar kelas V SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu, sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total yaitu seluruh siswa kelas V SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental dan dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Paired Sample t-Test dan N-Gain. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan Paired Sample t-Test diperoleh nilai sig. <0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan rata-rata secara signifikan antara hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen. Hasil pretest diperoleh rata-rata sebesar 51,53% dan untuk rata-rata posttest sebesar 85,77%. Sedangkan untuk hasil uji hipotesis dengan menggunakan N-Gain diperoleh nilai N-Gain skor sebesar 0,71 yang termasuk kedalam kategori tinggi dan untuk nilai N-Gain persen sebesar 71,68% yang termasuk kedalam kategori cukup efektif. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media game Baamboozle cukup efektif untuk meningkatkan motivasi belajar kelas V SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRETNONINGSIH, Diyah AyuNIDN.0615069201
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Game Baamboozle, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 03 May 2025 07:42
Last Modified: 03 May 2025 07:44
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item