SAPITRI, Winda (2024) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA KELAS 5 DI SD NEGERI SINDANGWANGI 03 KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-Winda Sapitri-40220092-2024.pdf - Published Version Download (784kB) |
![]() |
PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-WINDA SAPITRI-40220092-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (80kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-WINDA SAPITRI-40220092-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (136kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-WINDA SAPITRI-40220092-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (213kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-WINDA SAPITRI-40220092-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (78kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-WINDA SAPITRI-40220092-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (227kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-WINDA SAPITRI-40220092-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (37kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA -WINDA SAPITRI-40220092-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (355kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN -WINDA SAPITRI-40220092-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Winda Sapitri-402200092-Skripsi-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh diterapkannya Kurikulum Merdeka. Dalam implementasinya banyak guru masih menghadapi berbagai kesulitan. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk Mengetahui kesulitan dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada kelas V di Sekolah Dasar Negeri Sindangwangi 03, 2) Untuk Mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi Kesulitan terhadap penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada kelas V di Sekolah Dasar Negeri Sindangwangi 03. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri Sindangwangi 03 pada kelas V sudah menerapakan P5, pembelajaran sudah berbasisi mata pembelajaran IPAS. Kesulitan yang dihadapi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran seperti menganalisis Capaian Pembelajaran dan modul ajar. Kesulitan dalam menentukan strategi dan metode pembelajaran serta penggunaan media pembelajaran, kesulitan menentukan asesmen yang cocok dengan materi. 2) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan penerapan Kurikulum Merdeka dengan mengikuti pertemuan Kelompok Kerja Guru, mencari tema pembelajaran proyek yang sederhana, mencari informasi asesmen penilaian Kurikulum Merdeka di internet dan sharing dengan teman sesama guru.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Guru, Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 04 May 2025 04:13 | ||||||
Last Modified: | 04 May 2025 04:15 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |