WINDAYU, Irma (2024) Efektivitas Model Project Based Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Cirahab. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER_IRMA WINDAYU_40220053_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-IRMA WINDAYU-40220053-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (603kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I_IRMA WINDAYU_40220053_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II_IRMA WINDAYU_40220053_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III_IRMA WINDAYU_40220053_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV_IRMA WINDAYU_40220053_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V_IRMA WINDAYU_40220053_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (414kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_IRMA WINDAYU_40220053_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_IRMA WINDAYU_40220053_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL_IRMA WINDAYU_40220053_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
Abstract
Kemampuan literasi sains merupakan salah satu kemampuan dasar yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, permasalahan muncul terkait rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik kelas V SD Negeri 1 Cirahab menggunakan model PjBL berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pre experimental. Desain yang digunakan adalah one grup pretes-posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri di Desa Cirahab. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri 1 Cirahab sebanyak 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes. Teknik Analisis data menggunakan Uji Ketuntasan KKM, uji Paired sample T-test, dan uji N-Gain. Hasil analisis uji Ketuntasan KKm diperoleh Nilai Zhitung = 2.888 > 0.9880 = Ztabel, maka Ho ditolak, artinya presentase siswa yang mencapai nilai KKM lebih dari 75%. Hasil analisis uji Paired Sample T-test diperoleh uji paired sample t-tes menunjukkan angka yang signifikan antara nilai pretes dengan posttes dengan nilai signifikansi (2-tailed) P = 0.000 < 0.05. Selanjutnya hasil nilai N-gain sebesar 0,5991 sehingga nilai tesebut masuk dalam kategori efektif (0,30 < g < 0,70). Artinya model PjBL berbasis pembelajaran berdiferensiasi efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi Sains peserta didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Literasi Sains, Project Based Learning, Berdiferensiasi. IPAS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 05 May 2025 01:47 | ||||||
Last Modified: | 05 May 2025 01:47 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1775 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |