RISKI, Muhamad (2024) PENERAPAN APLIKASI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.docx - Accepted Version Download (33kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (399kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (631kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version Download (387kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version Download (326kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (939kB) |
Abstract
Teknologi Informasi saat ini mengalami kemajuan pesat, memberikan dampak signifikan terutama di dunia pendidikan. Pembelajaran matematika, sebagai mata pelajaran sentral, memerlukan pemahaman konsep bangun ruang yang seringkali sulit bagi siswa SD karena sifatnya yang abstrak. Penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) diharapkan dapat memberikan solusi inovatif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi AR bangun ruang berbasis Android terhadap pemahaman siswa kelas 5 tentang bangun ruang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode marker-based tracking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi augmented reality (AR) dalam pembelajaran bangun ruang pada siswa kelas 5 SD memberikan pengaruh yang positif. Hasil pre test dan post test menunjukan adanya kenaikan nilai dari sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi AR bangun ruang sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Teknologi, Bangun ruang, Augmented Reality, android, aplikasi augmented reality | |||||||||
Subjects: | 000 Ilmu Komputer, Informasi dan Karya Umum > 000 Ilmu Umum; Ilmu Komputer dan Informasi > 006-Metode Komputer Tertentu > Komputer Grafis; Corell Draw, Video Digital; 3 Dimensi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Informatika - S1 | |||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:28 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:28 | |||||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1865 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |