Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENERAPAN APLIKASI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID

RISKI, Muhamad (2024) PENERAPAN APLIKASI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.docx - Accepted Version

Download (33kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version

Download (387kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version

Download (326kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-M. RISKI-42419032-SKRIPSI-2024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)

Abstract

Teknologi Informasi saat ini mengalami kemajuan pesat, memberikan dampak signifikan terutama di dunia pendidikan. Pembelajaran matematika, sebagai mata pelajaran sentral, memerlukan pemahaman konsep bangun ruang yang seringkali sulit bagi siswa SD karena sifatnya yang abstrak. Penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) diharapkan dapat memberikan solusi inovatif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi AR bangun ruang berbasis Android terhadap pemahaman siswa kelas 5 tentang bangun ruang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode marker-based tracking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi augmented reality (AR) dalam pembelajaran bangun ruang pada siswa kelas 5 SD memberikan pengaruh yang positif. Hasil pre test dan post test menunjukan adanya kenaikan nilai dari sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi AR bangun ruang sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFATHULLOH, FathullohNIDN.0623048102
Thesis advisorNUGRAHA, Tezhar Rayendra Trastaronny PastikaNIDN.0619019201
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Bangun ruang, Augmented Reality, android, aplikasi augmented reality
Subjects: 000 Ilmu Komputer, Informasi dan Karya Umum > 000 Ilmu Umum; Ilmu Komputer dan Informasi > 006-Metode Komputer Tertentu > Komputer Grafis; Corell Draw, Video Digital; 3 Dimensi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Informatika - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 24 Jun 2025 02:28
Last Modified: 24 Jun 2025 02:28
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1865

Actions (login required)

View Item View Item