ISTIKOMAH, Istikomah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAPPING BERBANTUAN GITMIND PADA MATERI MATRIKS KELAS XI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-ISTIKOMAH-40320022-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (662kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-ISTIKOMAH-40320022-SKRIPSI-2024.docx - Published Version Download (14kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-ISTIKOMAH-40320022-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (234kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-ISTIKOMAH-40320022-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (451kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-ISTIKOMAH-40320022-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (268kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-ISTIKOMAH-40320022-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-ISTIKOMAH-40320022-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (212kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-ISTIKOMAH-40320022-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (187kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-ISTIKOMAH-40320022-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-ISTIKOMAH-40320022-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran Mind Mapping yang valid dan praktis agar dapat diterapkan sebagai media pembelajaran matematika pada materi matriks untuk siswa kelas XI SMA Bustanul ‘Ulum NU Bumiayu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan menggunakan model Four-D (4D) yang meliputi tahap Define (Pendefinisian), Design (Merancang), Development (Pengembangan), Dessemination (Penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, kuisioner atau angket. Subjek penelitian adalah kelas XI SMA Bustanul ‘Ulum NU Bumiayu yang berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi media dan materi serta angket respon siswa dan guru. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan Mind Mapping materi matriks valid digunakan berdasarkan penilaian ahli media sebesar 96,6% dan ahli materi sebesar 93,3% dengan kriteria “Sangat Valid”. (2) Uji coba produk media pembelajaran menggunakan Mind Mapping materi matriks terhadap siswa memperokeh presentase sebesar 86,49% dalam kriteria “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media pembelajaran dapat dikatakan layak dengan kategori valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Mind Mapping, Matriks | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial; Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Pendidikan, Hukum > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2025 07:26 | ||||||
Last Modified: | 17 Apr 2025 07:28 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1681 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |