RIZKI, Fahrul (2024) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN LITERASI SISWA BERBANTUAN BUKU CERITA BERGAMBAR MELALUI KEGIATAN POJOK BACA KELAS III SD NEGERI KALINUSU 01 TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-FAHRUL RIZKI-40220009-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (944kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-FAHRUL RIZKI-40220009-SKRIPSI-2024.docx - Published Version Download (12kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-FAHRUL RIZKI-40220009-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (128kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-FAHRUL RIZKI-40220009-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (234kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-FAHRUL RIZKI-40220009-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (36kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-FAHRUL RIZKI-40220009-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (176kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-FAHRUL RIZKI-40220009-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (14kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-FAHRUL RIZKI-40220009-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (34kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-FAHRUL RIZKI-40220009-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-FAHRUL RIZKI-40220009-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan guru untuk meningkatkan literasi siswa. Guru merupakan tenaga profesional yang mempunyai peran penting dalam dunia pendidikan dan pentingnya kemampuan literasi dalam keberhasilan suatu pendidikan, khususnya literasi membaca sebagai fondasi awal yang harus dimiliki oleh siswa dalam bergaul di lingkungan sosial. disalah satu sekolah dasar yaitu SD Negeri Kalinusu 01 guru kelas III dalam meningkatkan literasi siswanya guru menerapkan pembiasaan membaca 15 menit berbantuan buku cerita bergambar melalui kegiatan pojok baca, akan tetapi peneliti menemukan bahwa adanya permasalahan di SD tersebut masih banyak siswa yang belum memiliki kesadaran terhadap pentingnya literasi membaca, dan rendahnya kemampuan literasi siswa, seperti masih ada siswa yang belum lancar membaca khususnya di kelas III yang berjumlah 31 dan sekitar 50% siswa belum memiliki kesadaran terhadap pentingnya literasi membaca, dan belum lancar membaca cerita sederhana. Karena itu, peneliti ingin mengetahui lebih mendalam bagaimana peran guru dalam meningkatkan literasi siswa berbantuan buku cerita bergambar melalui kegiatan pojok baca. Fokus dari penelitian ini adalah mengkaji peran guru dalam meningkatkan literasi siswa berbantuan buku cerita bergambar melalui kegiatan pojok baca pada siswa kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam meningkatkan literasi siswa melalui kegiatan pojok baca. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas kelas III. Data yang diambil terbagi menjadi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa peran guru dalam meningkatkan literasi siswa kelas III, dan secara umum sudah berhasil, karena berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh guru 10 dari 15 siswa yang belum lancar membaca mengalami peningkatan dalam membaca cerita sederhana seperti pelafalan, kelancaran, dan kejelasan suara saat membaca, dan kesadaran berliterasi siswa menjadi lebih tinggi setelah adanya peran dari guru. Peran yang sudah maksimal dilakukan oleh guru kelas III adalah sebagai berukut: peran sebagai pendidik, leader, inovator, supervisor, motivator, administrator, evaluator, fasilitator, manager. Dan peran yang belum maksimal dilakukan oleh guru kelas III adalah peran sebagai dinamisator. Diharapkan guru dapat memaksimalkan, mengembangkan, dan mengkolaborasikan lagi semua perannya agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Literasi Siswa, Buku Cerita Bergambar, Pojok Baca | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2025 08:47 | ||||||
Last Modified: | 24 Apr 2025 08:50 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |