MURNI, Sri Wanda (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-SRI WANDA MURNI-40220022-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (969kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-SRI WANDA MURNI-40220022-SKRIPSI-2024.doc - Published Version Download (30kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-SRI WANDA MURNI-40220022-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (313kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-SRI WANDA MURNI-40220022-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (531kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-SRI WANDA MURNI-40220022-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (442kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-SRI WANDA MURNI-40220022-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (475kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-SRI WANDA MURNI-40220022-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (283kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-SRI WANDA MURNI-40220022-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (406kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-SRI WANDA MURNI-40220022-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-SRI WANDA MURNI-40220022-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini masih rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dan pada proses belajar mengajar saat ini belum memberikan kesempatan maksimal kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis. Melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan model discovery learning dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Jenis penelitian ini kuantitatif Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Bumiayu dengan sampel penelitian di kelas IV A dan kelas IV B. Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu menggunakan nonprability sampling dengan sistem teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi dan wawancara. Kemudian dianalisis menggunakan uji T sampel independen, uji paired sampel t test. Hasil penelitian ini menunjukkan uji t pada posttest diperoleh sig sebesar 0,001 artinya < 0 ,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, model discovery learning dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV. Serta hasil penelitian menunjukkan nilai sig = 0,000 maka 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat peningkatan dari nilai pretest dan posttest di kelas eksperimen atau discovery learning dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi meningkatkan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Berpikir Kritis. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 26 Apr 2025 03:23 | ||||||
Last Modified: | 26 Apr 2025 03:25 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |