AFWANI, Zahnan Abnaun (2024) ANALISIS KESULITAN MEMBACA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA PADA SISWA KELAS II MI AL-FALAHIYAH PLOMPONG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.docx - Published Version Download (12kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (290kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (276kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (295kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (397kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (215kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (168kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kesulitan membaca siswa di tinjau dari pola asuh orang tua yang ada di rumah pada kelas II MI Al-falahiyah Plompong. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa dan orang tua siswa MI tersebut, dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas II MI Al-Falahiyah Plompong memiliki kemampuan membaca tinggi sebanyak 25% (5 siswa), kemampuan membaca sedang sebanyak 30% (6 siswa), serta kemampuan membaca rendah sebanyak 45% (9 siswa). Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan membaca. Di sisi lain, orang tua siswa tersebut menerapkan pola asuh demokratis sebanyak 25% (5 orang), pola asuh otoriter sebanyak 40% (8 orang), serta pola asuh permisif sebanyak 35% (7 orang). Berkaitan dengan kesulitan membaca ditinjau dari pola asuh orang tua, sebagian besar siswa kelas II MI Al-Falahiyah Plompong mengalami kesulitan membaca dengan jenis pola asuh orang tua adalah otoriter atau permisif. Adapun siswa yang memiliki kemampuan membaca dengan kriteria tinggi mendapatkan pola asuh demokratis. Hal ini menunjukkan bahwa pola asuh otoriter dan pemisif yang diterapkan orang tua dapat menyebabkan siswa mengalami kesulitan membaca. Begitu pula sebaliknya, pola asuh demokratif yang diterapkan orang tua dapat mencegah siswa mengalami kesulitan membaca.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | kesulitan membaca, pola asuh | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Kemampuan Berbahasa, Story Telling, Bercerita, Berbicara | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 19 Apr 2025 04:21 | ||||||
Last Modified: | 19 Apr 2025 04:23 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |