Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS KESULITAN MEMBACA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA PADA SISWA KELAS II MI AL-FALAHIYAH PLOMPONG

AFWANI, Zahnan Abnaun (2024) ANALISIS KESULITAN MEMBACA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA PADA SISWA KELAS II MI AL-FALAHIYAH PLOMPONG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.docx - Published Version

Download (12kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-ZAHDAN ABNAUL AFWANI-40217016-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kesulitan membaca siswa di tinjau dari pola asuh orang tua yang ada di rumah pada kelas II MI Al-falahiyah Plompong. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa dan orang tua siswa MI tersebut, dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas II MI Al-Falahiyah Plompong memiliki kemampuan membaca tinggi sebanyak 25% (5 siswa), kemampuan membaca sedang sebanyak 30% (6 siswa), serta kemampuan membaca rendah sebanyak 45% (9 siswa). Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan membaca. Di sisi lain, orang tua siswa tersebut menerapkan pola asuh demokratis sebanyak 25% (5 orang), pola asuh otoriter sebanyak 40% (8 orang), serta pola asuh permisif sebanyak 35% (7 orang). Berkaitan dengan kesulitan membaca ditinjau dari pola asuh orang tua, sebagian besar siswa kelas II MI Al-Falahiyah Plompong mengalami kesulitan membaca dengan jenis pola asuh orang tua adalah otoriter atau permisif. Adapun siswa yang memiliki kemampuan membaca dengan kriteria tinggi mendapatkan pola asuh demokratis. Hal ini menunjukkan bahwa pola asuh otoriter dan pemisif yang diterapkan orang tua dapat menyebabkan siswa mengalami kesulitan membaca. Begitu pula sebaliknya, pola asuh demokratif yang diterapkan orang tua dapat mencegah siswa mengalami kesulitan membaca.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorARDANI, AnwarNIDN.0619128901
Uncontrolled Keywords: kesulitan membaca, pola asuh
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Kemampuan Berbahasa, Story Telling, Bercerita, Berbicara
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 19 Apr 2025 04:21
Last Modified: 19 Apr 2025 04:23
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1686

Actions (login required)

View Item View Item