AULIA, Khusnul (2024) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM BELAJAR IPAS KELAS IV DI SD NEGERI CILIBUR 01 DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (739kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (12kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (191kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (359kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (316kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (101kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (239kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar IPAS yang ditandai dengan perbedaan nilai yang diperoleh siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Subjek penelitian terdiri dari 17 siswa kelas IV dengan sampel penelitian ada 6 siswa dan materi IPAS yang dibahas adalah materi tumbuhan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesulitan siswa dalam belajar IPAS kelas IV di SD Negeri Cilibur 01 ditinjau dari perspektif gender. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode deskriptif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas IV di SD Negeri Cilibur 01 kesulitan dalam memahami konsep dan istilah asing dalam pembelajaran IPAS. Siswa laki-laki maupun siswa perempuan mengalami kesulitan belajar dengan karakteristik kurang dalam perception, attention, memory, processing speed, metacognition, academic, dan social. Faktor yang memengaruhi kesulitan siswa laki-laki maupun siswa perempuan dalam belajar IPAS yaitu faktor internal seperti kondisi fisik yang kurang baik, kurangnya minat belajar, serta waktu tidur tidak efektif dan faktor eksternal seperti relasi kurang baik dengan orang tua, media dan metode pembelajaran kurang tepat, serta lingkungan masyarakat yang kurang kondusif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan maka terdapat beberapa saran. Siswa diharapkan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan bersifat terbuka. Orang tua memberikan fasilitas serta pendampingan belajar dan menjalin hubungan lebih akrab dengan siswa. Guru menggunakan metode dan media yang sesuai serta memahami siswa yang mengalami kesulitan belajar. Sekolah diharapkan memperbaiki sarana dan prasarana serta mengadakan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan belajar, IPAS, perspektif gender | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:49 | ||||||
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:51 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1700 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |