Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM BELAJAR IPAS KELAS IV DI SD NEGERI CILIBUR 01 DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER

AULIA, Khusnul (2024) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM BELAJAR IPAS KELAS IV DI SD NEGERI CILIBUR 01 DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (739kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.docx - Published Version

Download (12kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-KHUSNUL AULIA-40219004-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar IPAS yang ditandai dengan perbedaan nilai yang diperoleh siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Subjek penelitian terdiri dari 17 siswa kelas IV dengan sampel penelitian ada 6 siswa dan materi IPAS yang dibahas adalah materi tumbuhan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesulitan siswa dalam belajar IPAS kelas IV di SD Negeri Cilibur 01 ditinjau dari perspektif gender. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode deskriptif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas IV di SD Negeri Cilibur 01 kesulitan dalam memahami konsep dan istilah asing dalam pembelajaran IPAS. Siswa laki-laki maupun siswa perempuan mengalami kesulitan belajar dengan karakteristik kurang dalam perception, attention, memory, processing speed, metacognition, academic, dan social. Faktor yang memengaruhi kesulitan siswa laki-laki maupun siswa perempuan dalam belajar IPAS yaitu faktor internal seperti kondisi fisik yang kurang baik, kurangnya minat belajar, serta waktu tidur tidak efektif dan faktor eksternal seperti relasi kurang baik dengan orang tua, media dan metode pembelajaran kurang tepat, serta lingkungan masyarakat yang kurang kondusif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan maka terdapat beberapa saran. Siswa diharapkan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan bersifat terbuka. Orang tua memberikan fasilitas serta pendampingan belajar dan menjalin hubungan lebih akrab dengan siswa. Guru menggunakan metode dan media yang sesuai serta memahami siswa yang mengalami kesulitan belajar. Sekolah diharapkan memperbaiki sarana dan prasarana serta mengadakan evaluasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorARIFIN, Muhamad LuqmanNIDN.0619037801
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, IPAS, perspektif gender
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:49
Last Modified: 22 Apr 2025 03:51
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1700

Actions (login required)

View Item View Item