SEPTIANI, Lia (2023) ANALISIS PERAN GURU DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI KALIERANG 01. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-LIA SEPTIANI-40219014-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-LIA SEPTIANI-40219014-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (9kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-LIA SEPTIANI-40219014-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (36kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-LIA SEPTIANI-40219014-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (207kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-LIA SEPTIANI-40219014-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (101kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-LIA SEPTIANI-40219014-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (132kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-LIA SEPTIANI-40219014-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (27kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-LIA SEPTIANI-40219014-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (146kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LIA SEPTIANI-40219014-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-LIA SEPTIANI-40219014-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi karena pengaruh yang ditimbulkan oleh era globalisasi dan teknologi memicu lahirnya beberapa penyakit yaitu perundungan (bullying). Hasil observasi yang dilakukan ditemukan dua jenis kasus bullying yaitu bullying verbal dan fisik pada siswa kelas IV SD Negeri Kalierang 01. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam mencegah perilaku bullying melalui pendidikan karakter siswa kelas IV SD Negeri Kalierang 01. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan pada penelitian ini peran guru peran guru sebagai sumber belajar, peran guru sebagai pembimbing dan peran guru sebagai evaluator sehingga dapat disimpulkan bahwa dampak positif antara lain: a) Siswa menjadi paham mengenai perilaku dan dampak bullying, b) Hubungan antar siswa menjadi rukun, c) Siswa tidak lagi melakukan tindakan bullying, d) Proses pembelajaran dikelas dapat tercapai, e) Suasana pembelajaran menjadi kondusif. Berkaitan dengan peran guru sebagai sumber belajar, peran guru sebagai pembimbing dan peran guru sebagai evaluator dalam upaya pencegahan perilaku bullying di kelas IV SD Negeri Kalierang 01 yang diterapkan melalui pendidikan karakter antara lain dengan a) Pembiasaan shalat dhuha dan shalat dzuhur berjamaah, b) Pembacaan surah-surah pendek atau juz 30 dan c) Penerapakan 3S (Senyum, Salam, Sapa) di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran guru, bullying, pendidikan karakter | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:58 | ||||||
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:01 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |