Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS DI PUSKESMAS PAGUYANGAN TAHUN 2023

MULYANI, Dwi (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS DI PUSKESMAS PAGUYANGAN TAHUN 2023. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-DWI MULYANI-42119061-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-DWI MULYANI-42119061-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (786kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-DWI MULYANI-42119061-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II)
BAB II-DWI MULYANI-42119061-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
BAB III-DWI MULYANI-42119061-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-DWI MULYANI-42119061-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB V-DWI MULYANI-42119061-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-DWI MULYANI-42119061-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-DWI MULYANI-42119061-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pusat kesehatan masyarakat (PUSKESMAS) sebagai salah satu fasilitaspelayanan kesehatan umum yang memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat diwilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok. Adanya program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dari Pemerintah, masyarakat menjadi lebih mudah menggunakan pelayanan kesehatan termasuk kefarmasian. Pengendalian mutu pelayanan kefarmasian meliputi monitoring dan evaluasi untuk menjamin mutu pelayanan kefarmasian di Puskesmas. Kepuasan pasien terhadap layanan kesehatan menjadi fokus yang saat ini digalakkan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien BPJS dan non BPJS di Puskesmas Paguyangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian Analitik dengan pendekatan cross sectional, dilakukan di Puskesmas Paguyangan pada bulan Juli-Agustus 2023. Terdapat 126 responden pasien BPJS dan 137 responden pasien non BPJS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kefarmasian pada pasien BPJS terdapat 34 (27%) responden menyatakan baik, 70 (56%) responden menyatakan cukup baik, dan 22 (17%) responden menyatakan kurang baik. Pada pasien non BPJS terdapat 43 (31%) responden menyatakan baik, 55 (40%) menyataan cukup baik, dan terdapat 39 (28%) responden menyatakan kurang baik. Kepuasan pasien BPJS sebanyak 44 (35%) responden menyatakan puas, dan 82 (65%) responden menyatakan tidak puas. Sedangkan pada pasien non BPJS 53 (39%) responden menyatakan puas, dan 84 (61%) menyatakan tidak puas. Pada uji parametrik regresi linier sederhana pada pasien BPJS didapatkan nilai sig. 0,000 (<0,05) yang berarti ada pengaruh antara kualitas pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Paguyangan. Pada pasien non BPJS juga didapatkan hasil yang sama yaitu nilai sig. 0,000 (<0,05) yang menandakan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan kefarmasian terhadap pasien non BPJS di Puskesmas Paguyangan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKARTONO, Teguh HaryNIDN.0621048202
Thesis advisorMULYANTO, BaediNIDN.0604058803
Uncontrolled Keywords: Pelayanan kefarmasian, BPJS, non BPJS, kepuasan pasien
Subjects: 600 Technology dan Ilmu Terapan > 610 Ilmu Kedokteran, Pengobatan, Ilmu Kesehatan > 615 Farmakologi dan Terapi Farmakologi > Pelayanan Farmasi; Farmasi Klinis; Pembuatan dan Penyaluran Obat, Resep
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Farmasi - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:50
Last Modified: 21 Apr 2025 05:50
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1705

Actions (login required)

View Item View Item