MULYANI, Dwi (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS DI PUSKESMAS PAGUYANGAN TAHUN 2023. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-DWI MULYANI-42119061-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-DWI MULYANI-42119061-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (786kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-DWI MULYANI-42119061-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (826kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-DWI MULYANI-42119061-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-DWI MULYANI-42119061-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-DWI MULYANI-42119061-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-DWI MULYANI-42119061-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (175kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-DWI MULYANI-42119061-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-DWI MULYANI-42119061-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pusat kesehatan masyarakat (PUSKESMAS) sebagai salah satu fasilitaspelayanan kesehatan umum yang memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat diwilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok. Adanya program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dari Pemerintah, masyarakat menjadi lebih mudah menggunakan pelayanan kesehatan termasuk kefarmasian. Pengendalian mutu pelayanan kefarmasian meliputi monitoring dan evaluasi untuk menjamin mutu pelayanan kefarmasian di Puskesmas. Kepuasan pasien terhadap layanan kesehatan menjadi fokus yang saat ini digalakkan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien BPJS dan non BPJS di Puskesmas Paguyangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian Analitik dengan pendekatan cross sectional, dilakukan di Puskesmas Paguyangan pada bulan Juli-Agustus 2023. Terdapat 126 responden pasien BPJS dan 137 responden pasien non BPJS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kefarmasian pada pasien BPJS terdapat 34 (27%) responden menyatakan baik, 70 (56%) responden menyatakan cukup baik, dan 22 (17%) responden menyatakan kurang baik. Pada pasien non BPJS terdapat 43 (31%) responden menyatakan baik, 55 (40%) menyataan cukup baik, dan terdapat 39 (28%) responden menyatakan kurang baik. Kepuasan pasien BPJS sebanyak 44 (35%) responden menyatakan puas, dan 82 (65%) responden menyatakan tidak puas. Sedangkan pada pasien non BPJS 53 (39%) responden menyatakan puas, dan 84 (61%) menyatakan tidak puas. Pada uji parametrik regresi linier sederhana pada pasien BPJS didapatkan nilai sig. 0,000 (<0,05) yang berarti ada pengaruh antara kualitas pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Paguyangan. Pada pasien non BPJS juga didapatkan hasil yang sama yaitu nilai sig. 0,000 (<0,05) yang menandakan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan kefarmasian terhadap pasien non BPJS di Puskesmas Paguyangan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan kefarmasian, BPJS, non BPJS, kepuasan pasien | |||||||||
Subjects: | 600 Technology dan Ilmu Terapan > 610 Ilmu Kedokteran, Pengobatan, Ilmu Kesehatan > 615 Farmakologi dan Terapi Farmakologi > Pelayanan Farmasi; Farmasi Klinis; Pembuatan dan Penyaluran Obat, Resep | |||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Farmasi - S1 | |||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:50 | |||||||||
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:50 | |||||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |