SYFANA, Laudia (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA KELAS IV SD NEGERI PAGUYANGAN 2. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-LAUDIA SYFANA-40220012-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-LAUDIA SYFANA-40220012-SKRIPSI-2024.docx - Published Version Download (7kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-LAUDIA SYFANA-40220012-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (87kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-LAUDIA SYFANA-40220012-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-LAUDIA SYFANA-40220012-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (15kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-LAUDIA SYFANA-40220012-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (160kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-LAUDIA SYFANA-40220012-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (9kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-LAUDIA SYFANA-40220012-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (87kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAUDIA SYFANA-40220012-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-LAUDIA SYFANA-40220012-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
Abstract
Mengingat karakteristik keberagaman siswa yang ada disekolah, dibutuhkan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat mengakomodir perbedaan tersebut, yaitu dengan pembelajaran berdiferensiasi. Kurikulum merdeka sangat menekankan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum Merdeka pada kelas IV SD Negeri Paguyangan 2. Dengan subjek guru kelas IV pada mata pelajaran IPAS, guru mata pelajaran pendidikan agama islam, dan guru mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum Merdeka di kelas IV SD Negeri Paguyangan 2, telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan teori yang relevan. Pemetaan kebutuhan siswa dilakukan dengan tepat melalui asesmen awal yang beragam, perencanaan pembelajaran berdiferensiasi sudah menyesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa, serta evaluasi dan refleksi dilakukan secara berkelanjutan untuk menilai dan memperbaiki proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi telah sesuai dengan tujuannya, sehingga mampu secara efektif memenuhi kebutuhan belajar siswa dengan tingkat kemampuan yang beragam.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Keberagaman Siswa | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2025 08:54 | ||||||
Last Modified: | 24 Apr 2025 08:56 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1723 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |