KARTIKA, Ana (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS IV. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-ANA KARTIKA-40220033-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-ANA KARTIKA-40220033-SKRIPSI-2024.docx - Published Version Download (22kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-ANA KARTIKA-40220033-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (316kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-ANA KARTIKA-40220033-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (619kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-ANA KARTIKA-40220033-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (513kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-ANA KARTIKA-40220033-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (432kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-ANA KARTIKA-40220033-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (186kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-ANA KARTIKA-40220033-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (411kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-ANA KARTIKA-40220033-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-ANA KARTIKA-40220033-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (754kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses belajar mengajar saat ini belum memberikan kesempatan yang maksimal kepada peserta didik untuk berani mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbasis pembelajaran berdiferensiasi dibandingkan dengan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dan melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam penerapan model pembelajaran PBL berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Serta model pembelajaran PBL berbasis pembelajaran berdiferensiasi efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri di Desa Purwodadi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas IV SDN Purwodadi 01 sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas IV SDN Purwodadi 02 sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini kuantitatif quasi experimental. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji T sampel independent, uji paired t test dan uji n gain. Hasil penelitian ini menunjukan diperoleh diterima. Uji ketiga diperoleh n gain 0,60 yaitu, berada dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan kemampuan berpikir kreatif yang diajarkan model pembelajaran PBL berbasis pembelajaran berdiferensiasi lebih baik dan terdapat peningkatkan kemampuan berpikir kreatif serta model PBL berbasis pembelajaran berdiferensiasi cukup efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik karena nilai mean berada diantara nilai 0,30 < n gain < 0,70.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pembelajaran Berdiferensiasi, Berpikir Kreatif. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 26 Apr 2025 03:38 | ||||||
Last Modified: | 26 Apr 2025 03:41 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1742 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |