Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS V SD SEDESA BUMIJAWA

RIZQI, Ardhah Nur (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS V SD SEDESA BUMIJAWA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN WAL)
HALAMAN AWAL_ARDHAH NUR RIZQI_40220035_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK_ARDHAH NUR RIZQI_40220035_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (648kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I_ARDHAH NUR RIZQI_40220035_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II_ARDHAH NUR RIZQI_40220035_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III_ARDHAH NUR RIZQI_40220035_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV_ARDHAH NUR RIZQI_40220035_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V_ARDHAH NUR RIZQI_40220035_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_ARDHAH NUR RIZQI_40220035_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_ARDHAH NUR RIZQI_40220035_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL_ARDHAH NUR RIZQI_40220035_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan literasi numerasi peserta didik di jenjang sekolah dasar, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran CLIS berbantuan media pembelajaran Geogebra terhadap peserta didik kelas V SD Sedesa Bumijawa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Sedesa Bumijawa. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling. Sampelnya yaitu 35 peserta didik kelas V SD Negeri Bumijawa 02 sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas V SD Negeri Bumijawa 04 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi yang telah divalidasi oleh ahli dan diuji reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji independent sampel t-test dan paired t-test. Hasil uji independent sampel t-test pada penelitian ini diperoleh tliterasi numerasi peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model CLIS berbantuan media pembelajaran Geogebra lebih baik dari pada peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model konvensional. Selain itu berdasarkan uji paired sampel t-test diperoleh tpembelajaran CLIS berbantuan media pembelajaran Geogebra dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CLIS berbantuan media pembelajaran Geogebra efektif terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorARDANI, AnwarNIDN.0619128901
Uncontrolled Keywords: Children Learning In Science, Geogebra, Literasi Numerasi
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 27 Apr 2025 03:48
Last Modified: 27 Apr 2025 03:51
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1745

Actions (login required)

View Item View Item