Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGEMBANGAN KECERDASAN INTER-PERSONAL MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS BILINGUAL KURIKULUM CAMBRIDGE KELAS V MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON

SAFITRI, Isti Yunita (2024) PENGEMBANGAN KECERDASAN INTER-PERSONAL MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS BILINGUAL KURIKULUM CAMBRIDGE KELAS V MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
COVER - SKRIPSI ISTI YUNITA, PGSD (40220056).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK - SKRIPSI ISTI YUNITA, PGSD (40220056).pdf - Published Version

Download (650kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB 1 - SKRIPSI ISTI YUNITA, PGSD (40220056)_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB 2 - SKRIPSI ISTI YUNITA, PGSD (40220056)_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB 3 - SKRIPSI ISTI YUNITA, PGSD (40220056).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB 4 - SKRIPSI ISTI YUNITA, PGSD (40220056).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB 5 - SKRIPSI ISTI YUNITA, PGSD (40220056).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - SKRIPSI ISTI YUNITA, PGSD (40220056).pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - SKRIPSI ISTI YUNITA, PGSD (40220056).pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
JURNAL SKIRPSI - ISTI YUNITA S.pdf - Published Version

Download (365kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang kurang bisa memiliki hubungan sosial yang baik selama pembelajaran berlangsung. Sehingga diperlukan peran guru didalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kecerdasan inter-personal melalui pembelajaran berbasis bilingual kurikulum Cambridge pada kelas V MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan kecerdasan inter-personal melalui pembelajaran berbasis bilingual kurikulum Cambridge pada kelas V MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon yaitu melalui Tanya jawab, Kerja kelompok dan juga Tutor sebaya. Seperti, peran guru melalui penugasan kerja kelompok yaitu bermain peran atau quiz dengan berbantuan fasilitas kelas bilingual yaitu proyektor dan juga LCD, Tanya jawab dari siswa ke gurunya, begitupun sebaliknya, serta tutor sebaya pun berjalan dengan baik. Terdapat 15 siswa di dalam kelas V Bilingual. yang terdiri dari 4 laki-laki dan juga 11 perempuan. Kecerdasan inter-personal dikatakan baik, jika selama pembelajaran berlangsung siswa mampu berinteraksi dengan baik, aktif, serta bisa memahami kondisi/iklim kelas. Dan kecerdasan inter-personal dikatakan rendah, apabila selama pembelajaran siswa tersebut kurang aktif, kurang bisa berinteraksi dengan sekitar, cenderung pendiam dan juga kurang bisa memahami kondisi/iklim kelas. Dari ke 15 siswa di kelas V bilingual dominan aktif dan juga baik dalam berinteraksi. Akan tetapi, terdapat 3-4 siswa yang kurang aktif, atau kurang dapat berinteraksi dengan baik selama pembelajaran dikelas bilingual.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorYUSUFI, Adnannidn#0620048601
Uncontrolled Keywords: Peran guru, Kecerdasan Inter-personal, Pembelajaran Bilingual,
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial; Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Pendidikan, Hukum > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Kemampuan Berbahasa, Story Telling, Bercerita, Berbicara
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 03 May 2025 03:43
Last Modified: 03 May 2025 03:43
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1758

Actions (login required)

View Item View Item