FAUZI, Muhammad Nur (2024) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS V UNTUK MENINGKATKAN AFEKTIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI DAWUHAN 02. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
HALAMAN AWAL_MUHAMMAD NUR FAUZI_40220071_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (2MB) |
![]() |
PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK_MUHAMMAD NUR FAUZI_40220071_SKRIPSI_2024.docx - Published Version Download (15kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I_MUHAMMAD NUR FAUZI_40220071_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (445kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II_MUHAMMAD NUR FAUZI_40220071_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (469kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III_MUHAMMAD NUR FAUZI_40220071_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV_MUHAMMAD NUR FAUZI_40220071_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V_MUHAMMAD NUR FAUZI_40220071_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (255kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_MUHAMMAD NUR FAUZI_40220071_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_MUHAMMAD NUR FAUZI_40220071_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL_MUHAMMAD NUR FAUZI_40220071_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis. Melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan model discovery learning dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Jenis penelitian ini kuantitatif Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Bumiayu dengan sampel penelitian di kelas IV A dan kelas IV B. Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu menggunakan nonprability sampling dengan sistem teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi dan wawancara. Kemudian dianalisis menggunakan uji T sampel independen, uji paired sampel t test. Hasil penelitian ini menunjukkan uji t pada posttest diperoleh sig sebesar 0,001 artinya < 0 ,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, model discovery learning dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV. Serta hasil penelitian menunjukkan nilai sig = 0,000 maka 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat peningkatan dari nilai pretest dan posttest di kelas eksperimen atau discovery learning dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi meningkatkan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru, Pedagogik | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 03 May 2025 04:35 | ||||||
Last Modified: | 03 May 2025 04:39 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1761 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |