Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS MASALAH DENGAN APLIKASI BOOK CREATOR BERBANTUAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI

SARI, Reva Septiya (2024) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS MASALAH DENGAN APLIKASI BOOK CREATOR BERBANTUAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-REVA SEPTIYA SARI-40320024-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-REVA SEPTIYA SARI-40320024-SKRIPSI-2024.docx - Published Version

Download (22kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-REVA SEPTIYA SARI-40320024-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-REVA SEPTIYA SARI-40320024-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-REVA SEPTIYA SARI-40320024-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-REVA SEPTIYA SARI-40320024-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-REVA SEPTIYA SARI-40320024-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-REVA SEPTIYA SARI-40320024-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-REVA SEPTIYA SARI-40320024-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-REVA SEPTIYA SARI-40320024-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)

Abstract

Pendidikan ialah hal yang paling fundamental dalam kehidupan manusia, yang mengartikan bahwa dalam proses kehidupan pendidikan menjadi salah satu kebutuhan yang haruslah terpenuhi baik oleh negara maupun oleh individu itu sendiri. Matematika merupakan jantung dalam dunia pendidikan karena dapat menumbuhkan pemikiran yang matematis bagi setiap individu. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, diperoleh permasalahan diantaranya masih kurangnya pemanfaatan media pembelajaran interaktif oleh guru sehingga peserta didik merasa bosan dan jenuh saat pembelajaran. Selain itu, kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematis juga masih rendah. Oleh sebab itu, perlu upaya untuk membantu peserta didik dalam memahami konsep matematis, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berupa E-book berbasis masalah dengan aplikasi Book Creator berbantuan Quizizz . Adapun indikator pemahaman konsep yang digunakan dalam penelitian adalah: (1) menyatakan ulang sebuah konsep, (2) mengembangkan syarat perlu/cukup dari suatu konsep, (3) menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan (4) mengklasifikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi tahap Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, soal tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket validator media, angket validator materi, angket respon peserta didik, dan soal tes kemampuan pemahaman konsep. Sebelum dilakukan uji analisis hipotesis dilakukan uji instrument soal terlebih dahulu, yaitu uji validitas butir soal, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Teknik analisis data menggunakan uji one sample t-test dan uji independent t-test. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) E-book berbasis masalah dengan aplikasi book creator berbantuan quizizz valid untuk digunakan; (2) Penggunaan e-book berbasis masalah dengan aplikasi book creator berbantuan quizizz memperoleh presentase kepraktisan 90, 35% dengan kategori sangat praktis; (3) Penggunaan e-book berbasis masalah dengan aplikasi book creator berbantuan quizizz efektif digunakan untuk meningkatkan pemahamn konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAMALIA, Sofri RizkaNIDN.0606059001
Uncontrolled Keywords: e-book, book creator, quizizz, kemampuan pemahaman konsep matemastis.
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 17 Apr 2025 07:28
Last Modified: 17 Apr 2025 07:30
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1682

Actions (login required)

View Item View Item