Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS GAYA BELAJAR VISUAL AUDITORIAL DAN KINESTETIK PESERTA DIDIK BERPRESTASI DI SD NEGERI 1 GANCANG KEC. GUMELAR KAB. BANYUMAS

PUTRI, Ninda Sabrina (2024) ANALISIS GAYA BELAJAR VISUAL AUDITORIAL DAN KINESTETIK PESERTA DIDIK BERPRESTASI DI SD NEGERI 1 GANCANG KEC. GUMELAR KAB. BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
HALAMAN AWAL_NINDA SABRINA PUTRI_40219058_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (742kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_NINDA SABRINA PUTRI_40219058_SKRIPSI_2024.docx - Published Version

Download (29kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I_NINDA SABRINA PUTRI_40219058_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II_NINDA SABRINA PUTRI_40219058_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III_NINDA SABRINA PUTRI_40219058_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV_NINDA SABRINA PUTRI_40219058_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V_NINDA SABRINA PUTRI_40219058_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_NINDA SABRINA PUTRI_40219058_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_NINDA SABRINA PUTRI_40219058_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL_NINDA SABRINA PUTRI_40219058_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh gaya belajar peserta didik berprestasi yang berbeda-beda dalam proses pembelajaran terdapat perilaku-perilaku yang bervariasi terlihat pada peserta didik saat pembelajaran berlangsung ada yang fokus memperhatikan guru, ada yang fokus mendengarkan penjelasan dari guru dan ada peserta didik yang asik melakukan kegiatan fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik peserta didik berprestasi di SD Negeri 1 Gancang Kec. Gumelar Kab. Banyumas. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik berprestasi yang ada di kelas IV, V dan VI. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif metode fenomelogi. Teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu wawancara, angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan diverifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 2 peserta didik berprestasi menggunakan gaya belajar visual lalu 1 peserta didik berprestasi menggunakan gaya belajar auditorial dan 1 peserta didik berprestasi menggunakan gaya belajar kinestetik. Kesimpulan setiap peserta didik meiliki ketiga gaya belajar yaitu gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik namun akan ada satu gaya belajar yang digunakan oleh peserta didik. 2 peserta didik menggunakan gaya belajar visual yaitu 1 peserta didik berprestasi akademik dengan persentase 39% dan 1 perserta didik berprestasi non akademik dengan persentase 40% dan 1 peserta didik berprestasi akademik menggunakan gaya belajar auditorial dengan persentase 34% dan 1 peserta didik berprestasi non akademik menggunakan belajar kinestetik dengan persentase 37%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorARIFIN, Muhamad LuqmanNIDN.0619037801
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar; Visual; Auditorial; Kinestetik; Pesert Didik Berprestasi
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:09
Last Modified: 22 Apr 2025 04:12
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item View Item