DANI, Nasril Amin Ahmad (2024) ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENGAJARKAN NILAI BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS VI SD IT AL-FALAH WANATIRTA KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER_NASIRUL AMIN_40220018_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
PDF (ABSTRAK)
abstark_NASIRUL AMIN_40220018_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (485kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I_NASIRUL AMIN_40220018_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II_NASIRUL AMIN_40220018_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III_NASIRUL AMIN_40220018_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV_NASIRUL AMIN_40220018_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V_NASIRUL AMIN_40220018_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (402kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS_NASIRUL AMIN_40220018_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_NASIRUL AMIN_40220018_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peran orang tua dalam mengajarkan nilai budi pekerti siswa kelas VI SD IT Al-Falah Wanatirta. Fokus dan tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mengetahui peran orang tua dalam mengajarkan nilai budi pekerti siswa. Penelitian ini menggunakan deskriptif metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua dalam mengajarkan nilai budi pekerti siswa kelas VI SD IT Al-Falah Wanatirta sudah terlaksana, namun masih ada beberapa orang tua yang belum menerapkan perannya dengan maksimal dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat empat peran orang tua yaitu peran sebagai pembimbing, peran sebagai teladan, peran sebagai motivator, dan peran sebagai fasilitator, namun peran orang tua dalam mengajarkan nilai budi pekerti pada siswa kelas VI SD IT Al-Falah lebih dominan pada peran orang tua sebagai pembimbing, sebagai teladan, dan sebagai motivator. Sedangkan pada peran orang tua sebagai fasilitator, orang tua lebih dominan dalam memberikan fasilitas belajar yang memadai bagi anaknya. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya peran orang tua dan dukungan dari guru, kepala sekolah, dan lingkungan sekitar dalam mengajarkan nilai budi pekerti siswa dengan harapan hasil penelitian ini menjadi panduan bagi peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran, Orang Tua, Nilai, Budi Pekerti | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2025 09:52 | ||||||
Last Modified: | 24 Apr 2025 09:55 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1727 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |