DAMAYANTI, Lisa Elfira (2023) PENGARUH PEMBERIAN KOMUNIKASI INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) TERHADAP KEBERHASILAN TERAPI PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS WILAYAH BREBES SELATAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-LISA ELFIRA DAMAYANTI-42119028-SKRIPSI-2023.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
![]() |
PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-LISA ELFIRA DAMAYANTI-42119028-SKRIPSI-2023.pdf - Accepted Version Download (285kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-LISA ELFIRA DAMAYANTI-42119028-SKRIPSI-2023.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (381kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-LISA ELFIRA DAMAYANTI-42119028-SKRIPSI-2023.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (521kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-LISA ELFIRA DAMAYANTI-42119028-SKRIPSI-2023.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (842kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-LISA ELFIRA DAMAYANTI-42119028-SKRIPSI-2023.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (397kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-LISA ELFIRA DAMAYANTI-42119028-SKRIPSI-2023.pdf - Accepted Version Download (186kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-LISA ELFIRA DAMAYANTI-42119028-SKRIPSI-2023.pdf - Accepted Version Download (425kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LISA ELFIRA DAMAYANTI-42119028-SKRIPSI-2023.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-LISA ELFIRA DAMAYANTI-42119028-SKRIPSI-2023.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
Abstract
Diabetes Mellitus merupakan penyakit tidak menular yang paling sering terjadi, penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula darah serta produksi insulin yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Pemberian KIE pada pasien diabetes sangat penting karena memiliki tujuan sebagai langkah awal proses untuk membantu dalam pengobatan penyakit. Pengetahuan tentang cara pakai obat merupakan faktor kunci keberhasilan terapi pasien. Sehingga perlu diberikan KIE terkait penyakit diabetes agar terapi berhasil dan dapat menstabilkan kadar gula darah pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pengobatan pasien DM tipe 2 dan mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberian KIE terhadap keberhasilan terapi pada pasien DM tipe 2 di Puskesmas wilayah Brebes Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non-eksperimental dengan rancangan analisis cross sectional. Data diambil dari rekam medik, data pasien prolanis dan hasil laboratorium pasien prolanis dari bulan Januari-Desember 2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling dengan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 135 pasien dan yang masuk ke dalam kriteria inklusi terdapat 133 pasien. Teknik analisis data dilakukan dengan mencari obat yang paling banyak digunakan oleh pasien dan mencari pengaruh pemberian KIE terhadap keberhasilan terapi menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden menggunakan terapi kombinasi metformin + glibenclamide yaitu sebanyak 54,9% pasien. Hasil regresi linier menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pemberian KIE dengan keberhasilan terapi pada pasien DM tipe 2 di Puskesmas Wilayah Brebes selatan dengan nilai p Value 0,006 > 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE), Diabetes Mellitus | |||||||||
Subjects: | 600 Technology dan Ilmu Terapan > 610 Ilmu Kedokteran, Pengobatan, Ilmu Kesehatan > 615 Farmakologi dan Terapi Farmakologi > Farmakoterapi; Terapi Obat, Terapi Umum, Diagnosa ,KIE, Evaluasi Hasil Terapi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Farmasi - S1 | |||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | |||||||||
Date Deposited: | 18 Jun 2025 07:43 | |||||||||
Last Modified: | 18 Jun 2025 07:43 | |||||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1830 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |