Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI TARABAN 01

INDRAWATI, Fani Yuni (2024) ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI TARABAN 01. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
COVER_FANI YUNI INDRAWATI_40220046_SKRIPSI 2024.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FANI YUNI INDRAWATI_40220046_SKRPSI 2024.docx - Published Version

Download (20kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I_FANI YUNI INDRAWATI_40220046_SKRIPSI 2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II_FANI YUNI INDRAWATI_40220046_SKRIPSI 2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III_FANI YUNI INDRAWATI_40220046_SKRIPSI 2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV_FANI YUNI INDRAWATI_40220046_SKRIPSI 2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V_FANI YUNI INDRAWATI_40220046_SKRIPSI 2024.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_FANI YUNI INDRAWATI_40220046_SKRIPSI 2024.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_FANI YUNI INDRAWATI_40220046_SKRIPSI 2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
JURNAL_FANI YUNI INDRAWATI_40220046_SKRIPSI 2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)

Abstract

Melihat setiap siswa memiliki perbedaan karakteristik, kemampuan,dan kebutuhan yang berbeda, dan yang masih banyak menggunakan pembelajaran konvensional, dimana pendekatan itu satu ukuran untuk semua siswa, membuat peserta didik tertentu merasa kesulitan untuk mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran diferensiasi serta hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian kualitatif, pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan deskriptif. Pendeskripsian dan analisis ditujukan pada hasil belajar peserta siswa dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi kelas V di SD Negeri Taraban 01. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Guru menyadari adanya keberagaman siswa dan kebosanan yang dirasakan siswa saat dilaksanakan pembelajaran yang konservatif,maka dari itu diterapkan pembelajaran berdiferensiasi. Kriteria materi pembelajaran yakni harus sesuai dengan karakter, kebutuhan, serta kemampuan siswa, mudah dimengerti, sehingga dapat menumbuhkan kreativitas peserta didik.pemilihan media pembelajaran harus disesuaikan dengan materi pembelajaran dan karakter siswa ditinjau dari hasil analisis pemetaan kebutuhan belajar siswa. Diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi dapat mengakomodasi kebutuhan peserta didik yang menyebabkan peserta didik dapat menguasai materi dengan berbagai cara sesuai dengan kemampuannya, dengan begitu hasil belajar peserta didik pun meningkat.penerapan pembelajaran berdiferensiasi diawali dengan memilih materi yang akan diajarkan lalu guru membentuk kelompok siswa sesuai dengan kemampuan siswa dibantu dengan diberikannya media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, guru membimbing setiap kelompok siswa agar mampu menghasilkan produk sebagai bentuk dari pemahaman siswa. hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dimana siswa yang meningkat sebanya 80% dan tersisa 20% siswa mengalami penurunan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorZAHRO, Umi HabibatusNIDN.0609019001
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pembelajaran Berdiferensiasi, Media Pembelajaran, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 27 Apr 2025 04:17
Last Modified: 27 Apr 2025 04:18
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1749

Actions (login required)

View Item View Item