PRAMUDITA, Intan Dwi (2024) EFEKTIVITAS MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN GAME PESAN BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS IV SDN WARU 01. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.docx - Published Version Download (9kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (129kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (216kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (268kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (190kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (52kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (179kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini terkait rendahnya keterampilan komunikasi siswa kelas IV, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan peningkatan model pembelajaran TPS berbantuan game pesan berantai terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas IV SDN Waru 01. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain quasi eskperimen dengan jenis rancangan pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Waru 01. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IV SDN Waru 01. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data keterampilan komunikasi dengan menggunakan lembar observasi dan lembar soal pretest- posttes. Analisis data menggunakan paired sample t test dan uji N-Gain. Hasil uji paired sample t test menunjukan nilai sig. sebesar 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, penerapan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) berbantuan game pesan berantai dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas IV SDN Waru 01. Hasil uji N gain pada penelitian ini menunjukan nilai mean sebesar 0,8022 dimana nilai tersebut > 0,7 dengan kategori efektivitas tinggi
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Komunikasi, Pesan Berantai, TPS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2025 04:29 | ||||||
Last Modified: | 27 Apr 2025 04:32 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |