Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN GAME PESAN BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS IV SDN WARU 01

PRAMUDITA, Intan Dwi (2024) EFEKTIVITAS MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN GAME PESAN BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS IV SDN WARU 01. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.docx - Published Version

Download (9kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-INTAN DWI PRAMUDITA-40220051-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini terkait rendahnya keterampilan komunikasi siswa kelas IV, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan peningkatan model pembelajaran TPS berbantuan game pesan berantai terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas IV SDN Waru 01. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain quasi eskperimen dengan jenis rancangan pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Waru 01. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IV SDN Waru 01. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data keterampilan komunikasi dengan menggunakan lembar observasi dan lembar soal pretest- posttes. Analisis data menggunakan paired sample t test dan uji N-Gain. Hasil uji paired sample t test menunjukan nilai sig. sebesar 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, penerapan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) berbantuan game pesan berantai dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas IV SDN Waru 01. Hasil uji N gain pada penelitian ini menunjukan nilai mean sebesar 0,8022 dimana nilai tersebut > 0,7 dengan kategori efektivitas tinggi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKHIYARUSOLEH, UjangNIDN.0606068602
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Komunikasi, Pesan Berantai, TPS
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 27 Apr 2025 04:29
Last Modified: 27 Apr 2025 04:32
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item