Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGEMBANGAN E-COMIC EDUKASI BERBASIS MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIWADAS 01

MONIKA, Popi (2024) PENGEMBANGAN E-COMIC EDUKASI BERBASIS MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIWADAS 01. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
HALAMAN AWAL_POPI MONIKA_40220097_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (600kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_POPI MONIKA_40220097_SKRIPSI_2024.docx - Published Version

Download (30kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I_POPI MONIKA_40220097_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II_POPI MONIKA_40220097_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III_POPI MONIKA_40220097_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV_POPI MONIKA_40220097_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V_POPI MONIKA_40220097_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_POPI MONIKA_40220097_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_POPI MONIKA_40220097_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
JURNAL_POPI MONIKA_40220097_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)

Abstract

Penelitian ini dilatrarbelakangi belum adanya media pembelajaran yang efektif untuk mata pelajar IPAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berupa e-comic edukasi berbasis multikultural serta untuk meningkatkan prestasi belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri Kaliwadas 01. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan mengacu pada tahap pengembangan 4D, media pembelajaran e- comic yang dikembangkan layak diterapkan dalam pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri Kaliwadas 01. Sumber data dalam penelitian ini yaitu mengambil data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data wawancara, data angket penilaian validasi ahli, angket kepraktisan, respon siswa dan respon guru. Hasil penelitian diperoleh (1) media e-comic edukasi berbasis multikultural layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media oleh ahli media mendapatkan 80% dengan kategori “baik” dan ahli materi mendapatkan nilai 81,1% dengan kategori “baik”, angket kepraktisan mendapatkan nilai 96% dengan kategori “sangat baik” dan penilaian respon oleh siswa mendapatkan 97% dengan kategori “sangat baik” serta penilaian respon guru mendapatkan 96% dengan kategori “sangat Baik”. Pengembangan media e-comic edukasi berbasis multikultural layak digunakan dalam pembelajaran dan hasil pemahaman nilai keseluruhan untuk pretest sebesar 940 dan posttest 1650 sedangkan rata-rata nilai pretest sebesar 47 dan rata-rata nilai posttest sebesat 82,5. Jadi disimpulkan bahwa adanya suatu peningkatan hasil pemahaman siswa terkait mata pelajaran IPAS materi Indonesiaku kaya budaya menggunakan media e-comic edukasi berbasis multikultural.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSUPRAPTO, YuniNIDN.0626068702
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media E-Comic, Multikultural, dan Prestasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 05 May 2025 01:41
Last Modified: 05 May 2025 01:43
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1772

Actions (login required)

View Item View Item