SALAMAH, Anisa (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBANTUAN ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
HALAMAN AWAL_ANISA SALAMAH_40219021_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (743kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_ANISA SALAMAH_40219021_SKRIPSI_2024.docx - Published Version Download (20kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I_ANISA SALAMAH_40219021_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (193kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II_ANISA SALAMAH_40219021_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (301kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III_ANISA SALAMAH_40219021_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (250kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV_ANISA SALAMAH_40219021_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (193kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V_ANISA SALAMAH_40219021_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (54kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_ANISA SALAMAH_40219021_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (197kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_ANISA SALAMAH_40219021_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL_ANISA SALAMAH_40219021_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika dengan kategori rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektivan pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantuan etnomatematika untuk meningkatkan kemampuam pemecahan masalah matematis pada siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Kretek 01 dan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kretek 01 Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji N-gain Score dan uji independent sample t-test. Berdasarkan analisis data yang telah dilaksanakan diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education berbantuan etnomatematika lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Negeri Kretek 01. Hasil uji N-Gain diperoleh rata-rata skor N-gain kelas eksperimen (Model RME) adalah 0,39 atau 39,14% termasuk kategori cukup efektif. Sedangkan rata-rata skor N-gain kelas kontrol (Model Konvensional) sebesar -0,18 atau -18,13% termasuk kategori tidak efektif. Guru hendaknya menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sekolah juga hendaknya menciptakan kondisi yang nyaman dan kondusif.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Etnomatematika, RME | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:01 | ||||||
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:01 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1702 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |