Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DI SDN PURWODADI 02

RAHMAH, Afrida Nur (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DI SDN PURWODADI 02. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
HALAMAN DEPAN_ALFIAN_LUTFIANI_LESTARI_40220004_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (760kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_ALFIAN_LUTFIANI_LESTARI_40220004_SKRIPSI_2024.docx - Published Version

Download (16kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I_ ALFIAN_LUTFIANI_LESTARI_40220004_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II_ALFIAN_LUTFIANI_LESTARI_40220004_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III_ALFIAN_LUTFIANI_LETSRI_40220004_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV_ALFIAN_LUTFAINI_LESTARI_40220004_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V_ALFIAN_LUTFIANI_LESTARI_40220004_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_ALFIAN_LUTFAINI_LESTARI_40220004_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_ALFIAN_LUTFAINI_LESTARI_40220004_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
Artikel_Jurnal_Alfian_Lutfiani_Lestari_40220004_(1)[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik tergolong rendah, sedangkan kemampuan pemecahan masalah dibutuhkan dalam memberikan kemampuan nalar yang logis, sistematis, kritis dan terbuka yang diperlukan dalam menghadapi dan menyelesaikan tantangan yang ada. Hal tersebut dapat disebabkan dari berbagai faktor salah satunya proses pembelajaran yang kurang, baik dari model pembelajaran serta media yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini diantaraya; 1) mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dengan penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media teka-teki silang dengan model konvensional, 2) mengetahui pengaruh peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media TTS, serta 3) mengetahui keefektifan model pembelajaran PBL dengan media TTS dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini kuantitatif menggunakan metode Quasi Eksperimen desain Nonequivalen Control Group. Analisis data menggunakan uji independent sampel t-test, paired sampel t-test, dan uji N-gain. Kesimpulan yang diperoleh yaitu; 1) adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan media TTS dengan model pembelajaran konvensional, dilihat dari nilai sig (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka diterima. 2) Terdapat pengaruh peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model PBL berbantuan media TTS ,

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKRISTIYANINGRUM, Dwi HestyNIDN.0625068903
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; Teka-teki Silang; Kemampuan Pemecahan
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 22 Apr 2025 05:21
Last Modified: 22 Apr 2025 05:24
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1714

Actions (login required)

View Item View Item