SA'DIYAH, Aulia Marifatus (2024) PENGARUH GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V DI SDN KARANGMANGU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER_AULIA_MARIFATUS_SA'DIYYAH_40220008_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (855kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_AULIA_MARIFATUS_SA'DIYYAH_40220008_SKRIPSI_2024.docx - Published Version Download (20kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I_AULIA_MARIFATUS_SA'DIYYAH_40220008_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (43kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II_AULIA_MARIFATUS_SA'DIYYAH_40220008_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (131kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III_AULIA_MARIFATUS_SA'DIYYAH_40220008_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (204kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV_AULIA_MARIFATUS_SA'DIYYAH_40220008_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (222kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V_AULIA_MARIFATUS_SA'DIYYAH_40220008_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (36kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_AULIA_MARIFATUS_SA'DIYYAH_40220008_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (129kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_AULIA_MARIFATUS_SA'DIYYAH_40220008_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS disebabkan karena guru masih menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh guided inquiry learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain Non Equivalent Pretest and Posttest Group Design. Penelitian ini dilakukan di SDN di desa karangmangu tahun ajaran 2023/2024 dengan populasi sebanyak 50 siswa dan 30 sampel. Teknik penentuan sampling menggunakan cluster random sampling. Instrument yang digunakan adalah tes dengan menggunakan teknik analisis data berupa uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Keseimbangan. Berdasarkan uji regresi linier sederhana menghasilkan nilai Fhitung (55,25) > Ftabel (4,67) dan memperoleh koefisien determinasi sebesar 0,8094. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri berbantuan video animasi memberikan pengaruh sebesar 80,94% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS. Berdasarkan uji independent sample t test diperoleh nilai Thitung sebesar 3,83 > Ttabel sebesar 2,048. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas yang menggunakan guided inquiry learning berbantuan video animasi dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan uji paired sample t test diperoleh nilai Thitung 12,240 > Ttabel (2,145). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikri kritis siswa kelas V SDN Karangmangu pada mata pelajaran IPAS setelah diterapkannya guided inquiry learning berbantuan video animasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Guided Inquiry Learning, Video Animasi, IPAS, Kemampuan Berpikir Kritis | ||||||
Subjects: | 100 Filsafat, Psikologi, Parapsikologi > 153 Intelegensia, Kecerdasan, Mental, Mind Map 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2025 02:50 | ||||||
Last Modified: | 24 Apr 2025 02:52 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |