Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III DI SD DESA WINDUAJI

ROSADA, Mallrizka Amrina (2024) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III DI SD DESA WINDUAJI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-Mall Rizka Amrina Rosada-40220017-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (616kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Mall Rizka Amrina Rosada-40220017-SKRIPSI-2024.docx - Published Version

Download (26kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-Mall Rizka Amrina Rosada-40220017-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-Mall Rizka Amrina Rosada-40220017-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-Mall Rizka Amrina Rosada-40220017-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-Mall Rizka Amrina Rosada-40220017-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-Mall Rizka Amrina Rosada-40220017-2024.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Mall Rizka Amrina Rosada-40220017-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Mall Rizka Amrina Rosada-40220017-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Mall Rizka Amrina Rosada-40220017-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang akan berpengaruh pada kualitas sumber daya manusia. Pada era ini atau era modern pendidikan sangat identik dengan kemampuan berpikir kritis guna mempersiapkan generasi penerus yang berdaya saing global. Namun berdasarkan hasil PISA dan TIMSS, Indonesia masih memiliki kemampuan berpikir kritis dibawah rata-rata sehingga diperlukan pendidikan yang mengedepankan model pembelajaran yang didominasi oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai penggunaan pengaruh pendekatan problem-based learning dengan model think pair share menggunakan media video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar, khususnya siswa kelas III pada mata pelajaran matematika dengan fokus materi yaitu pecahan sederhana. Berdasarkan tujuan tersebut populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III di SDN Desa Winduaji dengan sampel yaitu siswa kelas III di SDN Winduaji 8 sebagai kelas ekspeirmen dan siswa kelas III SDN Winduaji 6 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest postest control group design. Instrument penelitiannya adalah pedoman observasi dan test berupa pretest dan postest. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis 1 menggunakan uji regresi linier sederhana, dan uji hipotesis 2 menggunakan independent sampel t-test.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorZAHRO, Umi HabibatusNIDN.0609019001
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Think Pair Share, Media, Berpikir Kritis
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 24 Apr 2025 09:49
Last Modified: 24 Apr 2025 09:52
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1726

Actions (login required)

View Item View Item