VERANI, Sella (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SD ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-SELLA VERANI-40220020-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (3MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-SELLA VERANI-40220020-SKRIPSI-2024.docx - Published Version Download (23kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-SELLA VERANI-40220020-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (238kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-SELLA VERANI-40220020-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (278kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-SELLA VERANI-40220020-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (180kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-SELLA VERANI-40220020-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-SELLA VERANI-40220020-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (170kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-SELLA VERANI-40220020-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (236kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-SELLA VERANI-40220020-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-SELLA VERANI-40220020-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan di Sekolah Dasar. Guru memberi soal HOTS yang merangsang kemampuan berpikir kritis, siswa mengalami kesulitan. Siswa dihadapkan pada permasalahan yang berfokus pada kemampuan berpikir kritis yang mendorong siswa menemukan solusi dari suatu masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan soal ulangan harian pilihan ganda, observasi dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS materi ekosistem masih rendah. Pada indikator memberikan penjelasan sederhana, hasil penilaian keseluruhan 30 (rendah). Indikator membangun keterampilan dasar, hasil penilaian keseluruhan 66,67 (sedang). Indikator menyimpulkan, hasil penilaian keseluruhan 60 (rendah). Indikator memberikan penjelasan lanjut, hasil penilaian keseluruhan 13,33 (rendah). Indikator mengatur strategi dan teknik, nilai keseluruhan 33,33 (rendah). Sesuai nilai rata-rata keseluruhan soal mencapai 47,92 rendah. Hal ini disebabkan tingkat kemampuan literasi siswa kurang, siswa terbiasa berpikir instan sehingga hasilnya belum maksimal, siswa tidak fokus, kesulitan dalam menganalisis kalimat pertanyaan. Siswa kesulitan dalam menjawab soal pada materi ekosistem disebabkan kurangnya pemahaman siswa dalam memecahkan masalah pada soal HOTS dan siswa tidak terbiasa menyelesaikan soal yang sulit dengan tingkat kognitif yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis, Soal HOTS, Mata Pelajaran IPAS | ||||||
Subjects: | 100 Filsafat, Psikologi, Parapsikologi > 153 Intelegensia, Kecerdasan, Mental, Mind Map 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2025 02:45 | ||||||
Last Modified: | 24 Apr 2025 02:49 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1731 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |