MAYLINDA, Siska (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-SISKA MAYLINDA-40220021-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (570kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-SISKA MAYLINDA-40220021-SKRIPSI-2024.docx - Published Version Download (19kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-SISKA MAYLINDA-40220021-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (267kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-SISKA MAYLINDA-40220021-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (380kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-SISKA MAYLINDA-40220021-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (341kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-SISKA MAYLINDA-40220021-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (296kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-SISKA MAYLINDA-40220021-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (165kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-SISKA MAYLINDA-40220021-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (174kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-SISKA MAYLINDA-40220021-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-SISKA MAYLINDA-40220021-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
Abstract
siswa diakibatkan kurangnya penggunaan model pembelajaran, serta masih terdapat siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran PBL berbantuan video pembelajaran. Jenis penelitian ini kuantitatif Pre Experimental, dengan desain one group pretes posttes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri di Desa Jatisawit. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas III SD Negeri Jatisawit 01. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Paired Sample T-test (Uji t) dan uji N-Gain. Hasil penelitian diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 pada uji paired kemampuan pemecahan masalah matematika dan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 pada uji paired motivasi belajar. Hasil uji N-Gain diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 0,6197 dan rata- rata motivasi belajar sebesar 0,6838 yang termasuk dalam kategori sedang berdasarkan kriteria N-Gain 0,30 < N-gain < 0,70. Artinya, penggunaan model pembelajaran PBL berbantuan video pembelajaran berpengaruh serta dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | PBL, Video Pembelajaran, Pemecahan Masalah Matematika, Motivasi Belajar. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2025 02:42 | ||||||
Last Modified: | 24 Apr 2025 02:45 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1733 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |