OLIVIA, Intan (2024) IMPLEMENTASI DIGITALISASI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI KALIERANG 1. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-INTAN OLIVIA-40220052-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (475kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-INTAN OLIVIA-40220052-SKRIPSI-2024.docx - Published Version Download (10kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-INTAN OLIVIA-40220052-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (167kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-INTAN OLIVIA-40220052-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (182kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-INTAN OLIVIA-40220052-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (94kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-INTAN OLIVIA-40220052-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (174kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-INTAN OLIVIA-40220052-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (13kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-INTAN OLIVIA-40220052-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (147kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-INTAN OLIVIA-40220052-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-INTAN OLIVIA-40220052-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena perubahan teknologi yang semakin pesat dalam dunia Pendidikan. Kaitan dengan teknologi, guru diharuskan menjadi pribadi yang kreatif dan mampu memanfaatkan teknologi dengan baik sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam menerapkan digitalisasi pembelajaran dikelas SD Negeri Kalierang 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru kelas di SD Negeri Kalierang 1. Sumber data dalam penelitian ini yaitu mengambil data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik Kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas bawah masih menggunakan proyektor dan video pembelajaran dengan penerapan guru mempersiapkan materi yang akan disampaikan dan menayangkannya. Untuk kelas atas sudah cukup bervariasi, menggunakan aplikasi capcut (aplikasi tersebut pernah digunakan untuk pembelajaran, namun untuk sekarang sudah tidak menerapkan aplikasi capcut), canva, quizizz, lalu video pembelajaran dan powerpoint, penerapan yang dilakukan aplikasi capcut jika ada materi tentang iklan, siswa diperintahkan membuat iklan dengan take video dan diedit melalui aplikasi capcut. Canva untuk membuat powerpoint jika ada materi yang berkaitan. Jadi dapat disimpulkan bahwa digitalisasi yang digunakan di kelas atas dan kelas bawah berbeda dan penerapan yang dilakukan guru juga berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Digitalisasi, Pembelajaran | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2025 04:32 | ||||||
Last Modified: | 27 Apr 2025 04:35 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1753 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |