Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN BUMIAYU 04

NABILA, Isna Azah (2024) ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN BUMIAYU 04. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
COVER_ISNA AZAH NABILA_40220055_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK_ISNA AZAH NABILA_40220055_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (545kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I_ISNA AZAH NABILA_40220055_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II_ISNA AZAH NABILA_40220055_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III_ISNA AZAH NABILA_40220055_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV_ISNA AZAH NABILA_40220055_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V_ISNA AZAH NABILA_40220055_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_ISNA AZAH NABILA_40220055_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (747kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_ISNA AZAH NABILA_40220055_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL_ISNA AZAH NABILA_40220055_SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena permasalahan membaca permulaan peserta didik kelas III di SD Negeri Bumiayu 04. Salah satu solusi guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode SAS terhadap keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas III di SD Negeri Bumiayu 04 dan kendala apa saja dalam penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penggunaan metode pembelajaran Struktural Analitik Sintetik guru kelas III SD Negeri Bumiayu 04, menggunakan berbagai macam media sebagai alat bantu. Media yang digunakan yakni media yang nyata seperti media gambar dan media kartu huruf. Ada beberapa kendala yang dihadapi guru pada saat mengajar yang pertama, yaitu faktor yang ada pada diri peserta didik. Peserta didik masih sering bermain ketika guru sedang menjelaskan, tidak adanya motivasi belajar dari peserta didik dan kurangnya minat belajar peserta didik. Yang kedua, memerlukan waktu yang cukup banyak dalam penggunanan metode pembelajaran Struktural Analitik Sintetik , karena metode Struktural Analitik Sintetik dilakukan secara berulang- ulang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKHIYARUSOLEH, UjangNIDN.0606068602
Uncontrolled Keywords: Metode Struktural Analitik Sintetik, Keterampilan Membaca Permulaan, peserta didik
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Membaca, Belajar Membaca, Kemampuan Membaca
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 03 May 2025 03:41
Last Modified: 03 May 2025 03:43
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1757

Actions (login required)

View Item View Item