SAPUTRA, Tri (2024) DESKRIPSI KESULITAN BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TUMIYANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-TRI SAPUTRA-40220087-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-TRI SAPUTRA-40220087-SKRIPSI-2024.docx - Published Version Download (9kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-TRI SAPUTRA-40220087-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (101kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-TRI SAPUTRA-40220087-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (107kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-TRI SAPUTRA-40220087-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (134kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-TRI SAPUTRA-40220087-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (310kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-TRI SAPUTRA-40220087-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (6kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-TRI SAPUTRA-40220087-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Download (78kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-TRI SAPUTRA-40220087-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-TRI SAPUTRA-40220087-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
Abstract
Kesulitan belajar siswa tinggi dikarenakan kurangnya minat dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kesulitan belajar dan kemampuan penalaran adaptif Matematika siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Tumiyang sebanyak 9 siswa, dimana siswa dikelompokkan menjadi 3 kelompok yang dipilih dari hasil tes penalaran adaptif yaitu kelompok prestasi rendah, sedang, dan tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis, angket, wawancara, dan dokumentasi. Dimana kesulitan belajar menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan kemampuan penalaran adaptif Matematika menggunakan tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terdapat hubungan antara kesulitan belajar dengan kemampuan penalaran adaptif Matematika yaitu siswa yang mempunyai kesulitan belajar tinggi maka kemampuan penalaran adaptif Matematika rendah sedangkan siswa yang mempunyai kesulitan belajar rendah maka kemampuan penalaran adaptif Matematika tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa : 1) Siswa prestasi rendah mempunyai kesulitan belajar yang tinggi dan kemampuan penalaran adaptif Matematika yang rendah. 2) Siswa prestasi sedang mempunyai kesulitan belajar yang cukup rendah dan kemampuan penalaran adaptif Matematika yang cukup tinggi. 3) Siswa prestasi tinggi mempunyai kesulitan belajar yang rendah dan kemampuan penalaran adaptif Matematika yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar, Penalaran Adaptif Matematika. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 04 May 2025 03:51 | ||||||
Last Modified: | 04 May 2025 03:54 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |