KHASANAH, Naviatul (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP SOAL CERITA MATERI PECAHAN KELAS IV SD DI DESA JATISAWIT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-Naviatul Khasanah-40220096-Skripsi-2024.pdf - Published Version Download (533kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Naviatul Khasanah-40220096-Skripsi-2024.docx - Published Version Download (19kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I-Naviatul Khasanah-40220096-Skripsi-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (206kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II-Naviatul Khasanah-40220096-Skripsi-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (287kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III-Naviatul Khasanah-40220096-Skripsi-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (332kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV-Naviatul Khasanah-40220096-Skripsi-2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (368kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V-Naviatul Khasanah-40220096-Skripsi-2024.pdf - Published Version Download (137kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Naviatul Khasanah-40220096-Skripsi-2024.pdf - Published Version Download (192kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Naviatul Khasanah-40220096-Skripsi-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-Naviatul Khasanah-40220096-Skripsi-2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka merupakan paradigma baru dalam pendidikan yang bertujuan untuk menghadapi tantangan abad ke-21. Pembelajaran abad 21 dinyatakan bahwa pembelajaran ini harus mencakup literasi numerasi.literasi numerasi dinilai penting karena akan mendorong peserta didik dalam berpikir kritis, berpikir kreatif, berkomunikasi dengan baik dan berkolaborasi. Proses pembelajaran dapat mempengaruhi literasi numerasi siswa. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar siswa, mencakup pembuatan materi, proses pembelajaran, dan memungkinkan siswa menghasilkan produk selama proses pembelajaran. Pendekatan saintifik dapat membantu menjawab rasa ingin tahu siswa melalui proses yang sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan saintifik terhadap literasi numerasi siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengen jenis penelitian yaitu Pre-Test and Post-Test with Non- Equivalent Control-Group Design. Uji hipotesis menggunakan independent sample t test Sampel terdiri dari 49 siswa, 25 siswa SD Negeri Jatisawit 01 sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa SD Negeri Jatisawit 05 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji t posttest literasi numerasi dengan nilai t sebesar 2,867 > ttabel 2,012 dan nilai sig. (2-tailed) 0,006 < 0,05, sehingga diperoleh hasil bahwa Ha diterima, dengan kata lain, maka terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan saintifik terhadap literasi numerasi siswa kelas IV SD di desa Jatisawit.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendekatan Saintifik, Literasi Numerasi (Soal Cerita) | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 04 May 2025 04:15 | ||||||
Last Modified: | 04 May 2025 04:17 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |