Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PAMIJEN 1

FAUZIAH, Haniatul (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PAMIJEN 1. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-HANIATUL M-40217033-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-HANIATUL M-40217033-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (549kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-HANIATUL M-40217033-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-HANIATUL M-40217033-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-HANIATUL M-40217033-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-HANIATUL M-40217033-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-HANIATUL M-40217033-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DATAR PUSTAKA-HANIATUL M-40217033-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (672kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-HANIATUL M-40217033-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (ARTIKEL)
Artikel Haniatul Fauziah (40217033).docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)

Abstract

Berdasarkan prapenelitian di SDN Pamijen 01, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes hasil belajar siswa Pelajaran IPAS merupakan permasalahan yang terdapat pada sekolah dasar, karena pembelajaran yang diterapkan belum optimal. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Power Point Mata Pelajaran IPAS terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Pamijen 01. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimental design. Pada design ini terdapat kelompok yang diberi perlakuan/treatment yang selanjutnya diobservasi hasilnya dengan menggunakan soal posttest dan lembar observasi model pbl berbantuan ppt. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana menunjukkan nilai Fhitung sebesar 13,517 nilai Fhitung = 13,517 > Ftabel = 4,414. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang peneliti ajukan (Ha) dapat diterima dan (H0) di tolak jadi ada pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media PPT terhadap hasil belajar siswa. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah bagi siswa, peneliti mengharapkan agar ke depannya pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung dapat selalu semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, dan bagi guru, disarankan untuk menggunakan model pembelajaran PBL supaya lebih berinovasi dan kreatif dalam meggunakan model pembelajaran dan media interaktif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorZAHRO, Umi HabibatusNIDN.0609019001
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa; Model PBL Berbantuan Media ppt.
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 19 Apr 2025 04:27
Last Modified: 19 Apr 2025 04:30
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1688

Actions (login required)

View Item View Item