Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SD N KALIWADAS

ABIDAH, Andini Nur (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SD N KALIWADAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
HALAMAN AWAL_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (625kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.docx - Published Version

Download (10kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
JURNAL_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan kurangnya pemanfaatan media dalam proses pembelajaran matematika turut berkontribusi pada rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika terhadap literasi numerasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dengan desain Non Equaivalent Posttest Only Group Desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu SD Negeri se-Desa Kaliwadas dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD N Kaliwadas 01 sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD N Kaliwadas 03 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi dan uji t independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 65,89 dan Ftabel 4,225 sehingga Fhitung > Ftabel. Dari hasil uji t independent menunjukkan thitung sebesar 7,2216 dan ttabel sebesar 2,01537 sehingga thitung > ttabel. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan model RME berbasis etnomatematika berpengaruh terhadap literasi numerasi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorARDANI, AnwarNIDN.0619128901
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education, Etnomatematika, Literasi Numerasi
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:47
Last Modified: 22 Apr 2025 04:52
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1713

Actions (login required)

View Item View Item