ABIDAH, Andini Nur (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SD N KALIWADAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
HALAMAN AWAL_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (625kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.docx - Published Version Download (10kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (193kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (234kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (272kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (38kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (181kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
JURNAL_ADINI_NUR_ABIDAH_40220002_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
Abstract
Penggunaan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan kurangnya pemanfaatan media dalam proses pembelajaran matematika turut berkontribusi pada rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika terhadap literasi numerasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dengan desain Non Equaivalent Posttest Only Group Desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu SD Negeri se-Desa Kaliwadas dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD N Kaliwadas 01 sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD N Kaliwadas 03 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi dan uji t independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 65,89 dan Ftabel 4,225 sehingga Fhitung > Ftabel. Dari hasil uji t independent menunjukkan thitung sebesar 7,2216 dan ttabel sebesar 2,01537 sehingga thitung > ttabel. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan model RME berbasis etnomatematika berpengaruh terhadap literasi numerasi siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Realistic Mathematics Education, Etnomatematika, Literasi Numerasi | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:47 | ||||||
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:52 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1713 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |