Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH BUMIAYU KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

ALI, Yanuar Maula (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH BUMIAYU KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
COVER-YANUAR MAULA ALI-40218057-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-YANUAR MAULA ALI-40218057-SKRIPSI-2024.docx - Published Version

Download (8kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-YANUAR MAULA ALI-40218057-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-YANUAR MAULA ALI-40218057-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-YANUAR MAULA ALI-40218057-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-YANUAR MAULA ALI-40218057-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-YANUAR MAULA ALI-40218057-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-YANUAR MAULA ALI-40218057-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-YANUAR MAULA ALI-40218057-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-YANUAR MAULA ALI-40218057-SKRIPSI-2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang ada di SD Muhammadiyah Bumiayu, yaitu berdasarkan hasil observasi yang diperoleh, pendidik mengajar hanya berpatokan pada buku paket yang ada dan menggunakan metode ceramah serta penugasan dengan kata lain, model pembelajaran masih konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil pretest dan posttest siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar siswa kelas III Pelajaran Bahasa Indonesia Tema 5 Sub Tema 1 Dan 2 Materi Pokok Keadaan Cuaca dan Perubahan Cuaca di SD Muahammadiyah Bumiayu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. pengambilan sampel populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas III SD Muhammadiyah Bumiayu yang terdiri atas dua kelas dengan keseluruhan berjumlah 59 siswa. Satu kelas yang dipilih sebagai sampel yaitu kelas III A sebagai kelas kontrol berjumlah 29 siswa dan kelas III B sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji coba instrumen soal meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda, dan uji taraf kesukaran. Dilanjutkan dengan Teknik analisis data menggunakan uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji T. Hasil keaktivan siswa pada penelitian ini yaitu terdapat peningkatan keaktivan belajar siswa sebesar 31,25% setelah diterapkannya model pembelajaran word square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan model word square dapat dilihat dari rata-rata nilai tes akhir (post test) diperoleh 67,2759, hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata tes akhir (post test) sebesar 52,0833. Pembelajaran dalam menggunakan model word square memiliki hasil yang lebih baik, dengan demikian penelitian ini dapat menguji kebenaran hipotesis, yaitu bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model word square terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Muhammadiyah Bumiayu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUBAROK, Muhammad ShofiNIDN.0609027301
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Word Square, Pelajaran Bahasa Indonesia, keaktifan, dan hasil belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:47
Last Modified: 22 Apr 2025 03:49
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1699

Actions (login required)

View Item View Item