AZIZA, Nur (2024) ANALISIS PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING DI SD NEGERI AJIBARANG KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
![]() |
PDF (HALAMAN AWAL)
HALAMAN AWAL_NUR AZIZA_40219060_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (460kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_NUR_AZIZA_40219060_SKRIPSI_2024.docx - Published Version Download (15kB) |
![]() |
PDF (BAB I)
BAB I_NUR AZIZA_40219060_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (80kB) |
![]() |
PDF (BAB II)
BAB II_NUR AZIZA_40219060_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
PDF (BAB III)
BAB III_NUR AZIZA_40219060_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (44kB) |
![]() |
PDF (BAB IV)
BAB IV_NUR AZIZA_40219060_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (111kB) |
![]() |
PDF (BAB V)
BAB V_NUR AZIZA_40219060_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (80kB) |
![]() |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_NUR AZIZA_40219060_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Download (96kB) |
![]() |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_NUR AZIZA_40219060_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
![]() |
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL_NUR AZIZA_40219060_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menulis yang harus dipelajari siswa terutama keterampilan menulis cerita pendek. Penggunaan metode pembelajaran juga mempengaruhi siswa dalam menulis cerita pendek. Maka dari itu diterapkannya metode project based learning yang merupakan metode inovatif yang menekankan belajar kontekstual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi dan upaya guru menggunakan metode project based learning dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek di SD Negeri Ajibarang Kulon. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa menulis cerita pendek siswa oleh guru di SD Negeri Ajibarang Kulon menggunakan beberapa strategi berupa melatih siswa membuat cerita pendek, membebaskan siswa berekspresi, membuat siswa nyaman saat pembelajaran berlangsung. Keterampilan menulis cerita pendek siswa cukup
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Project Based Learning, Keterampilan Menulis, Cerita Pendek | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:12 | ||||||
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:35 | ||||||
URI: | http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1704 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |