Search for collections on Repository Universitas Peradaban

STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SD NEGERI KALIERANG 04 KABUPATEN BREBES

RAHMANIYAH, Hanum Ni'matur (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SD NEGERI KALIERANG 04 KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (HALAMAN AWAL)
COVER_HANUM_40220047_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK_HANUM_40220047_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (327kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I_HANUM_40220047_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II_HANUM_40220047_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III_HANUM_40220047_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV_HANUM_40220047_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V_HANUM_40220047_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DADFTAR PUSTAKA_HANUM_40220047_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version

Download (775kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN PUSTAKA_HANUM_40220047_SKRIPSI_2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah mengembangkan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) berdasarkan implementasi strategi pembelajaran dari guru. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apa sajakah strategi guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di SD Negeri Kalierang 04. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini berfokus pada guru kelas V dan subjek pendukungnya yaitu siswa kelas V. Prosedur pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Prosedur analisis data, meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa(1)Strategi yang digunakan guru untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial, meliputi penggunaan Kurikulum Merdeka, metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL), pemberian nasihat dan motivasi, dan penerapan aturan dalam pembelajaran sebagai batasan dalam perilaku siswa(2)Keterampilan sosial siswa yang dihasilkan dalam penggunaan strategi pembelajaran IPAS kelas V yaitu berkomunikasi, bekerjasama, mengontorol diri, berbagi pikiran dengan orang lain. (3)Adapun faktor-faktor yang dihadapi guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa, meliputi pengaruh teknologi, kepribadian atau karakter siswa yang bervariasi, dan interaksi keluarga. Dapat disimpulkan bahwa strategi guru untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa telah dilaksanakan dengan baik, tetapi ada kendala yang membatasi kemampuan sosial siswa untuk melakukannya. Namun, ada solusi yang diterapkan untuk kepentingan menjaga keterampilan sosial siswa yang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorARIFIN, Muhamad LuqmanNIDN.0619037801
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Keterampilan Sosial, IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial).
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial; Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Pendidikan, Hukum > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Manajemen Kelas, Pengajaran
300 Ilmu-Ilmu Sosial; Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Pendidikan, Hukum > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial; Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Pendidikan, Hukum > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 27 Apr 2025 04:19
Last Modified: 27 Apr 2025 04:21
URI: http://repository.peradaban.ac.id/id/eprint/1750

Actions (login required)

View Item View Item